Merancang Pembelajaran Bermakna
3 Tips merancang pembelajaran bermakna –
Pembelajaran akan bermakna bagi siswa bila proses belajar memuaskan dan
hasilnya dapat dirasakan langsung oleh siswa.
Pembelajaran seperti ini tidak mudah
diwujudkan oleh guru. Namun bukan berarti sudah tertutup peluang untuk
mewujudkannya. Guru perlu merancang strategi pembelajaran bermakna.
Kemudian melakukan eksperimen apakah rancangan pembelajaran itu dapat
diterapkan atau belum.
Proses belajar yang memuaskan itu,
sifatnya relatif dan sulit diukur. Setiap siswa akan merespon berbeda terhadap
proses belajar yang berlangsung. Begitu pula hasil pembelajaran yang dapat
dirasakan atau diterapkan langsung oleh siswa dalam kehidupannya sehari-hari.
Perencanaan akan menghasilkan sebuah disain pembelajaran.
Disain pembelajaran memuat strategi dan metode yang digunakan dalam
pembelajaran.
Ada beberapa poin utama dalam
merancang pembelajaran bermakna bagi siswa. Di antaranya:
1.Relevansi materi pelajaran
Materi pelajaran yang disajikan
dalam pembelajaran disesuaikan dengan pengalaman emperis siswa sehari-hari.
Guru dapat memodifikasi sedemikian rupa materi pelajaran yang dimuat dalam kurikulum.
Upaya modifikasi dilakukan bukan
untuk mengubah materi pokok melainkan menyederhanakan dan menyesuaikan dengan
kondisi lingkungan alam, sosial dan budaya masyarakat dimana siswa berada.
2.Media belajar yang menarik
Media pembelajaran berfungsi untuk memperjelas pemahaman
siswa terhadap materi pelajaran. Media yang digunakan tidak harus yang serba
mahal dan canggih.
Yang lebih penting adalah bagaimana
sebuah media mampu menyampaikan pesan-pesan materi pelajaran yang sedang
dibahas. Gambar atau lukisan guru di papan tulis pun sudah cukup berarti bagi
siswa.
3.Suasana belajar
Suasana belajar yang kondusif akan
mengantarkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Susana kondusif
adalah kondisi belajar yang menyenangkan sehingga membangkitkan motivasi
belajar siswa.
Susana belajar dirancang sedemikian
rupa melalui cara dan gaya bahasa guru dalam mengajar. Tidak terlalu tegang,
namun berjalan secara menarik dan bervariasi. Rasa humor (sense of humor)
seorang guru sangat berpengaruh terhadap suasana belajar siswa.
Demikianlah 3 hal pokok dan minimal
dirancang oleh guru dalam upaya mewujudkan pembelajaran bermakna bagi siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar