RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 4
Kendal
|
Kelas / Semester
|
:
|
X / 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Tema
|
:
|
Teks Memberi Ucapan Selamat dan Memuji Bersayap
|
Pertemuan
|
:
|
1 x Pertemuan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A.
|
Kompetensi Inti
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana
yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
C.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1. Merinci
struktur teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap
2. Menjelasan
ciri-ciri kebahasaan teks memberi
ucapan selamat dan memuji bersayap
4. Mengevaluasi teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap
|
D.
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
Selama
dan setelah pembelajaran siswa:
1.
Dapat menjelaskan isi teks memberi
ucapan selamat dan memuji bersayap baik melalui lisan maupun tulisan.
2.
Dapat menjelaskan struktur teks memberi
ucapan selamat dan memuji bersayap baik melalui lisan maupun tulisan.
3.
Dapat menjelaskan ciri bahasa teks
memberi ucapan selamat dan memuji bersayap baik melalui lisan maupun tulisan.
4.
Dapat menafsirkan/menginterpretasikan/menceritakan
kembali isi teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap baik melalui lisan maupun tulisan.
|
E.
|
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian teks memberi ucapan selamat dan memuji
bersayap
2.
Contoh teks ucapan selamat dan
memuji bersayap
3.
Struktur
teks ucapan selamat dan pujian bersayap
4.
Ciri
bahasa teks ucapan selaat dan memuji bersayap
|
F.
|
Metode
Pembelajaran:
1.
Proses
berpikir ilmiah(Scientific
2.
Model
: Inquiry
3.
Metode: Ceramah, Diskusi
|
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta
didik merespon salam
2. Guru
menunjuk 2 siswa untuk menyiapkan pembelajaran
3. Guru
mencek kehadiran siswa dan kelengkapannya serta menilai sikap siswa.
4. Guru
memberi tema/ materi yang akan disampaikan
5. Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
6. Peserta
didik menerima informasi kompetensi yang akan
dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
1. Peserta
didik diberi kesempatan membaca buku pegangan dan mengamati serta menanyakan
hal-hal yang belum diketahui tentang teks memberi ucapan selamat dan pujian
bersayap.
2. Peserta
didik dibagi dalam 4 kelompok diskusi
3. Guru
meminta siswa melihat tayangan foto/ LCD- pembelajaran
4. Peserta
didik dalam kelompok mencermati tayangan foto/LCD
5. Guru
memberi tugas kepada semua kelompok
6. Peserta
didik mengidentifikasi pokok-pokok informasi
yang ada dalam tugas terkait ucapan selamat dan pujian bersayap.
7. Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan dalam teks pemberian ucapan
selamat dan pujian bersayap dari teks tugas
8. Peserta
didik memformulasikan hasil diskusi tentang pemberian ucapan selamat dan
pujian bersayap.
9. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi pemberian ucapan selamat dan pujian
bersayap, peserta didik dalam kelompok lain mencermati dan memberikan
tanggapan.
10. Peserta
didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru tentang teks pemberian
ucapan selamat dan pujian bersayap..
11. Peserta
didik memperoleh apresiasi dari guru.
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3. Peserta
didik dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
|
10
|
.H. Penilaian
Hasil Belajar.
1.
Instrumen dan Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
soal
|
No.
Soal
|
Soal
|
.1
2.
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.2 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
·
Menjelaskan
struktur teks tindakan
memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap
·
Menentukan struktur teks tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap
·
Menganalisis struktur teks tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap
·
Menemukan ciri kebahasaan
tindakan memberikan
ucapan selamat dan memuji bersayap
Mengkomunikasikan teks tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Unjuk
kerja
|
1
2
3
4
5
|
What
is a compliment
What
is the structure of a compliment
What
is a compliment useful to ?
When
do we express a comliment ?
Make a
sentence of a compliment
|
2.
Teknik Penilaian
Teknik
penilaian menggunakan tes tertulis bentuk uraian untuk mengukur KI 3
Tes
unjuk kerja untuk mengukur KI 4
Kerjakan soal berikut dengan benar:
1.
Jelaskan struktur teks ucapan selamat dan pemberian pujian bersayap!
2.
Jelaskan ciri-ciri kebahasaan teks ucapan selamat dan pujian
bersayap!
3.
Buatlah teks /kalimat ucapan selamat dan pujian bersayap!
Kunci Jawaban:
1.
Struktur teks ucapan selamat dan pujian terdiri atas:
a.
Tujuan : penyampaian ucapan selamat dan pujian
b.
Langkah-langkah : Cara untuk memberi ucapan selamat dan pujian
2.
Ciri-ciri kebahasaan teks ucapan selamat dan pujian bersayap
a.
Menggunakan dua kalimat
b.
Menggunakan kalimat eksklamasi (kagum) dan kalimat deklaratif,
3.
Teks/kalimat ucapan selamat dan pujian bersayap :
a.
Great, Congratulation on your success
b.
It is wonderful, you look so handsome
c.
Yammy, It is really delicious
Lampiran
Prosedur kompleks: GAMBAR COMPLIMENT
2.
Analisis
Hasil Penilaian
Pedoman
Penilaian
- Soal nomor 1:
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar 5
|
5
|
Peserta
didik menjawab benar 4
|
4
|
Peserta
didik menjawab benar 3
|
3
|
Peserta
didik menjawab benar 2
|
2
|
Peserta
didik menjawab benar 1
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
- Soal nomor 2:
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didk menjawab benar semua
|
5
|
Peserta
didik menjawab benar 5
|
4
|
Peserta
didik menjawab benar 4
|
3
|
Peserta
didik menjawab benar 3
|
2
|
Peserta
didik menjawab benar 2
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
- Soal nomor 3
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
5
|
Peserta
didik menjawab salah
|
2
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
v
∑ Nilai Pengetahuan =
x 100
=
x
100 = 100
Penilaian Unjuk kerja (disesuaikan dengan presentasi peserta didik):
Presentasikanlah
hasil diskusi mengenai ucapan selamat dan pujian bersayap
“Membuat
ucapan selamat dan pujian?” secara lisan!
Aspek Yang Diamati
|
Skor Perolehan
|
KESESUAIAN:
|
|
Sesuai
dengan kaidah dan struktur
|
10
|
Tidak
sesuai dengan kaidah dan struktur
|
5
|
KELENGKAPAN:
|
|
Jawaban
lengkap
|
10
|
Jawaban
kurang lengkap
|
5
|
KELANCARAN DAN KERUNTUTAN:
|
|
Tidak
tersendat-sendat sehingga mudah diikuti
|
10
|
Tersendat-sendat/
berhenti untuk berfikir
|
5
|
PENGGUNAAN BAHASA:
|
|
Bahasa
komunikatif , sederhana, dan tidak menghafal
|
10
|
Kalimat
rumit dan sukar dipahami
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
40
|
Rencana Penilaian
hasil:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahamistruktur
teks ucapan selamat dan pujian bersayap
|
Tes tertulis
|
Esai
|
|
Memahami
kaidah teks ucapan selamat dan pujuan bersayap
|
Tes tertulis
|
Esai
|
|
Memahami ragam
teks pemberian ucapan selamat dan pujian bersayap
|
Testertulis
|
Esai
|
|
2.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
Pembelajaran
remedial dan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai
materi pembelajaran, sedangkan siswa yang sudah memenguasai materi dengan nilai
baik, diberikan pengayaan.
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
membuka pelajaran dengan berdoa bersama agar pembelajaran bermanfaat dan
dapat diterima peserta didik dengan mudah.
Guru
menanyakan permasalahan yang menyebabkan peserta didik tidak dapat menjawab
soal ulangan, atau tidak dapat menjawab soal ulangan, atau pada bagian mana
peserta didik tidak menguasai materi pelajaran.
|
5
menit
|
Inti
|
Guru
memberikan penjelasan dan penguatan materi tentang teks pemberian ucapan selamat dan pujian bersayap, kemudian
guru memberikan lembar kerja yang dapat menuntun peserta didik untuk
menguasai materi tersebut.
Guru
berkeliling untuk mengamati unjuk kerja peserta didik dan keaktifan mereka
dalam proses pembelajaran.
Peserta
didik menampilkan di depan kelas hasil pekerjaannya dan guru memberikan
penguatan.
Peserta
didik diberi soal remidi ulangan harian untuk memperbaiki nilainya.
Peserta
didik yang memiliki kemampuan tinggi diberikan soal pengayaan.
|
30
menit
|
Penutup
|
Guru
memberikan tugas rumah untuk mempelajari materi teks prosedur kompleks
Guru
menutup pelajaran dengan doa bersama.
|
10
menit
|
Rencana Penilaian
Remidiasi:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami struktur
teks pemberian ucapan selamat dan pujian bersayap
|
Tes tertulis
|
Esai
|
|
Memahami
kaidah teks pemberian ucapan selamat dan pujian
|
Tes tertulis
|
Esai
|
Jelaskan kaidah teks ucapan selamat dan
pemberian pujian bersayap”!
Make a
structure of greeting and extended compliment
|
Memahami ragam
teks pemberian ucapan dan pujian bersayap
|
Testertulis
|
Esai
|
Bagaimanakah bentuk teks ucapan selamat dan pujian bersayap ? Give
an example of some one who make greeting and extended compliment
|
Menginterpretasi
teks pemberian ucapan selamat dan pujian bersayap
|
Unjuk kerja
|
Keterampilan lisan
|
Presentasikanlah hasil diskusi
mengenai makna teks ucapan selamat dan pujian” secara lisan!
Find
the character of greeting and extended compliment
|
I
|
Media dan Sumber Pembelajaran:
1.
Vidoe tayangan pembuatan kartu
lebaran
2.
Buku Teks Bahasa Inggris
3.
Buku Penunjang dari LP2IP karangan
Drs. Maskurun
4.
KBBI, TBBI
|
Penilaian Presentasi
Nama
|
:
|
Kelas/NIS
|
:
|
Tanggal
|
:
|
No
|
Aspek
|
Amat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
2
|
Penyampaian
|
|
|
|
|
3
|
Penampilan
|
|
|
|
|
4
|
Komunikasi
nonverbal
|
|
|
|
|
5
|
Komunikasi
Verbal
|
|
|
|
|
6
|
Pemanfaatan
piranti Bahasa
|
|
|
|
|
7
|
Alat
Bantu Visual
|
|
|
|
|
8
|
Tanggapan
terhadap Pertanyaan
|
|
|
|
|
9
|
Isi
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Yogyakarta,
28 Agustus 2016
Mengetahui Guru
Pengampu,
KepalaSekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar