Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi waktu :
|
SMK NEGERI
BAHASA INGGRIS
XII TKJ, BI DAN NKPI / 5 DAN 6
1. Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan
responnya.
2 x 2 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan
dalam semangat belajar
2.1 Menunjukan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kl 1 :
Siswa dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
: Siswa dapat menghayati
dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Siswa dapat memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual,
prosedural dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Siswa dapat mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Fungsi sosial
Menawarkan
jasa dengan
baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
May I help you? What can I do for you? What if ...?
Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu :
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (……10…..menit
)
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English
Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning,
Teacher/ Sir/Mam”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual
untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
b.
Kegiatan
Inti (…70……..menit
)
Mengamati
· Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.
· Siswa
mengikuti interaksi menawarkan jasa.
· Siswa
menirukan model interaksi menawarkan jasa
· Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada
di berbagai sumber lain.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Komunikasi
· Siswa
menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal).
c.
Penutup (……10..…menit
)
Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang
ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang suggestion dan offer.
Siswa diminta
membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
. Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan
latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
F.
Penilaian, remidial dan
Pengayaan
1.
Jenis/teknik
penilaian
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks memaparkan dan menanyakan
jati diri
·
Ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/
penyampaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
Kriteria
Penilaian:
· Tingkat
ketercapaian
fungsi sosial menawarkan jasa
· Tingkat
kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
· Tingkat
ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
adalah:
· Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
3.
Pedoman
penskoran
Rubriks Penilaian Kinerja (Format 2)
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
Note: Setiap aspek
menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat
Kurang 3 = Cukup 5 = Amat Baik
2 = Kurang 4 = Baik
G. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Power Point Presentation
2.
Alat/Bahan
Laptop, LCD,video
3.
Sumber
Belajar
Suara guru ,
Kendal,
Juli 2016
Mengetahui,
|
KURTILAS ONE
Jumat, 12 Agustus 2016
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) BAHASA INGGRIS SMK KELAS XII MATERI 1 KURIKULUM 13
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
KURTILAS 4
Entri Populer
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1 ) Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal Kelas / S...
-
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 4 Kendal ...
-
SILABUS SMA/MA MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS - WAJIB Kelas :XII Kompetensi Inti : KI1 : Menghayati dan mengamalkan...
-
PROGRAM SEMESTER ...
-
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah : Mata Pelajaran : Kelas/Semester ...
-
ABA ABA MULAI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS 2016/ 2017 A. JAM PERTAMA : Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Let’s open ...
-
47. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS UMUM SMA/MA/SMK/MAK KELAS: X Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) ...
-
Virus Zika Pengertian Virus Zika Infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes , terutama spesies Aedes aegypti . ...
-
SILABUS SMA/MA Mata Pelajaran ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar