KURTILAS ONE

Jumat, 12 Agustus 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) BAHASA INGGRIS SMK KELAS XII MATERI 1 KURIKULUM 13


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah                        :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester            :
Materi Pokok               :

Alokasi waktu              :
SMK NEGERI
BAHASA INGGRIS
XII  TKJ, BI DAN NKPI / 5 DAN 6
1. Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan responnya.
  
2 x 2 JP
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
 KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1   Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kl 1   : Siswa dapat menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 KI 2 : Siswa dapat menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
 KI 3: Siswa dapat memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Siswa dapat mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

D.    Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Fungsi sosial
Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
May I help you? What can I do for you? What if ...? Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
E.     Kegiatan Pembelajaran
            1. Pertemuan Kesatu :
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal    (……10…..menit )
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
         Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
         Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
         Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
         Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
         Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
         Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran

b.    Kegiatan Inti                             (…70……..menit )
Mengamati
·    Siswa mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.
·    Siswa mengikuti interaksi menawarkan jasa.
·    Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa
·    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·    Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·    Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Komunikasi
·    Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal).
c.    Penutup                                     (……10..…menit )
   Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang suggestion dan offer.
   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
F.     Penilaian, remidial dan Pengayaan
1.    Jenis/teknik penilaian
·    Pencapaian fungsi sosial
·    Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memaparkan dan menanyakan jati diri
·    Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
Kriteria Penilaian:
·     Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan jasa
·     Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
·     Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
·     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menawarkan jasa serta responnya
Pengamatan (observations): 
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
3.    Pedoman penskoran




Rubriks Penilaian Kinerja (Format 2)
KRITERIA
KURANG
CUKUP
BAIK
SANGAT BAIK
Melakukan Observasi          
Tidak Jelas
Pelaksanaannya

 Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
Semua Jelas dan Rinci
Bertanya-jawab
Kalimat kurang bisa dipahami




Dialog/Monolog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar

Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Menyunting /Menulis Teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                      Indikator  Sikap.


Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab 
Jujur
Santun dalam berkumunikasi
Percaya diri
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
Peduli
responsif
proaktif
1











Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik
G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power Point Presentation
2.    Alat/Bahan
Laptop, LCD,video
3.    Sumber Belajar
Suara guru ,
                                                                                Kendal,   Juli 2016
  Mengetahui,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KURTILAS 4

Entri Populer